Minggu, 18 November 2012

TUGAS 5

PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN PEMASARAN INTERNASIONAL

Perdagangan internasional tentu berbeda dengan pemasaran internasional , perbedaan ini  dapat kita lihat dari pengertian perdagangan dan pemasaran itu sendiri . disini kita akan melihat dari pengertian masing-masing seperti dibawah ini :

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun yang lalu, perdagangan internasional ini berdampak   terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi ,kemajuan transportasi, globalisasi,  dan kehadiran perusahaan multi nasional.

PEMASARAN INTERNASIONAL

Pemasaran ( marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Pemasaran internasional è kegiatan pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara.n Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.


BISNIS INTERNASIONAL


Bisnis internasional adalah Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas – batas suatu Negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional  yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Trade).


Negara-negara melakukan bisnis internasional tersebut tentunya mempunyai alasan-alasan tertentu, sebagian dari alasan itu adalah : 


  • Setiap Negara memiliki Sumber Daya terbatas


Karena setiap Negara memiliki sumber daya terbatas, maka untuk saling melengkapi kebutuhan sumber daya yang harus melakukan kerjasama antar Negara dengan melakukan bisnis internasional. Setiap Negara memiliki kebutuhan yang berbeda dengan Negara lain. Telah kita ketahui kebutuhan manusia tidak terbatas namun alat pemuas kebutuhan manusia terbatas, sehingga suatu Negara membutukan Negara lain untuk memenuhi kebutuhan Negara nya tersebut sehingga di butuhkan bisnis internasional.





  • Setiap negara memiliki produksi barang yang berbeda  

Kemampuan memproduksi suatu barang dan jasa yang berbeda antara satu Negara dengan negara lain, misalnya Negara Indonesia terkenal dengan julukan Negara Agraris yang mampu menghasilkan hasil pertanian yang tumpah ruah seperti padi, sehingga di butuhkan bisnis internasional seperti ekspor beras ke Negara lain yang tidak mampu memproduksi padi. 



  • Ketergantungan antar negara  

Setiap Negara tidak bisa hidup sendiri tanpa ada bantuan dari Negara lain, hal ini juga mengharuskan adanya bisnis internasional karena antarnegara dapat membantu menyelesaikan masalah kebutuhan Negara lain, misalnya di Indonesia terjadi kemacetan yang parah, sehingga Negara Indonesia membutuhkan suatu strategi untuk menyelesaikannya dan akhirnya Negara Indonesia telah menyediakan busway untuk mengurangi kemacetan dan alat transportasinya di impor dari Negara pengekspor busway.

  • Tingkat kemajuan suatu negara yang berbeda

Tingkat kemajuan suatu Negara berbeda dengan Negara lain.Dengan adanya bisnis Internasional Negara – Negara maju dapat membantu Negara – Negara berkembang dan yang masih tertinggal untuk mengalami kamajuan dan perkembangan yang baik. Misalnya Negara Jepang dan Amerika Serikat memiliki pengaruh besar dalam perkembangan Negara Indonesia baik dalam bidang informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

  

  • Menambahkan devisa Negara

Karena melakukan proses bisnis antar Negara maka akan menguntungkan Negara dalam menambahkan devisa Negara.



FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BISNIS INTERNASIONAL


Faktor- faktor yang mempengaruhi bisnis internassional adalahè


        1.  Kompetitif adalah jenis dan jumlah pesaing , lokasi dan kegiatan mereka

        2.  Distributif  adalah agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.

        3.  Variabel ekonomi adalah GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi  yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis. 

        4.  Sosial ekonomi adalah karakteristik dan distribusi populasi manusia. 

        5.  Keuangan adalah variable seperti  sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan,

        6.  Legal adalah jenis hm asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh  perusahaan internasional. 

        7.  Fisik adalah unsur alam seperti topografi, Iklim dan sumber alam

        8.  Politik adalah elemen politik bangsa spt nasionalisme, bentuk   pemerintahan, dan organisasi Internasional

        9.  Sosiokultural adalah  sikap, kepercayaan, pendidikan, dll   

    10.    Buruh/Tenaga Kerja adalah  komposisi dan keahlian

    11.    Teknologi adalah  keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber sumber diubah menjadi produk.



0 komentar:

Posting Komentar